Iklan
Normantis Update

Penyu Berhati Unggas – Norman Adi Satria

PENYU BERHATI UNGGAS
Oleh: Norman Adi Satria

Nampaknya selama ini saya terlalu serakah terhadap sastra: dengan sebegitu mudahnya menelurkan karya, namun tak semua telur itu bisa menetas.

Saya bagaikan penyu berhati unggas. Penyu seharusnya bertelur saja di tepian pantai, mengubur telurnya di dalam pasir, kemudian kembali menjelajah samudera tanpa memusingkan telurnya akan menetas atau tidak. Namun saya, penyu yang punya naluri seperti ayam, bebek, dan sejenisnya, yang ingin mengerami telur-telurnya kemudian mengasuh anak-anaknya dalam dekapan sayap yang hangat.

Benar, saya penyu yang jiwanya tidak penyuwi, seniman yang jiwanya tidak nyeni, penyair yang jiwanya tidak sastrawi. Harusnya saya acuh tak acuh saja terhadap pembaca, masa bodoh apakah mereka beroleh sesuatu dari karya-karya saya atau tidak. Namun lagi-lagi karena saya tidak nyeni, saya tidak bisa secuek itu.

Saya berkarya memang bukan tanpa tujuan. Idealisme saya menuntut agar tak puas pada pujian yang hadir hanya tertuju pada estetika karya: melihat bunga hanya dari warnanya. Lebih dari itu, saya merasa punya beban moral untuk memuaskan dahaga pembaca, layaknya kupu-kupu yang terpuaskan oleh madu.

Maka dari itu, hari ini saya sedang sibuk-sibuknya memilah kembali telur-telur puisi saya yang nampaknya memang sulit menetas. Namun saya tidak akan membuangnya, karena segala yang di dalam cangkang telur toh adalah rahasia. Bisa saja dari dalam telur yang nampak buruk akan menetas bayi-bayi terkuat.

Bekasi, 9 Oktober 2014
Norman Adi Satria

Iklan

BERANI NONTON VIDEO NORMANTIS? KLIK AJA!

KARYA TERBARU

Masukkan alamat Emailmu.

Bergabunglah dengan 4.813 pengikut lainnya

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: