Iklan
Normantis Update

Surat Abang Kepada Adiknya yang Nyaris Dipenjara – Puisi Norman Adi Satria

Karya: Norman Adi Satria

BERANI NONTON VIDEO NORMANTIS? KLIK AJA!

SURAT ABANG KEPADA ADIKNYA YANG NYARIS DIPENJARA
Karya: Norman Adi Satria

Dik, jika benar seorang kawan tengah melaporkanmu dengan tuduhan telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan, coba tanyakan padanya: apa yang kau tuntut dariku melalui jalur hukum itu? Apakah dengan bantuan hakim dan jaksa kau ingin minta aku menyenangkanmu atau kau sudah yakin betul bahwa memenjarakanku akan jadi sebuah kesenangan baru bagimu?

Kerna soal senang atau tidak senang itu sangat subjektif, sangat personal. Maka usaha untuk menyenangkan–sekeras apa pun–bisa jadi berujung gagal. Alih-alih lucu dan menggemaskan, badut pun kadang justru nampak menyeramkan.

Dik, abang tak ngerti hukum, tapi abang paham kata-kata. Abang tak ngerti, apakah membolak-balikkan hukum semudah membolak-balikan kata-kata?

Dik, dengan surat ini, Abang cuma mau berpesan: kau lelaki, boleh menangis, tapi jangan cengeng! Kuatlah menghadapi begitu banyaknya ketidaksenangan, jangan sedikit-sedikit tidak senang lalu lapor polisi. Jangan-jangan kau mengalami ketidaksenangan karena salahmu sendiri: menyangka hidup isinya harus melulu happy-happy.

Dik, sekali lagi abang bilang, abang tak ngerti hukum, tapi abang paham kata-kata, kecuali kata-kata dalam hukum yang dipercaya dapat memenjarakanmu itu. Apa? Perbuatan tidak menyenangkan? Apakah itu maksudnya kau telah jadi kawan yang nyebelin bin nyengiti atau apa? Apakah jika kau tidak senang dilaporkan polisi, kau bisa lapor balik dengan tuduhan yang sama: Pak Polisi, saya mau melaporkan dia karena telah melakukan perbuatan tidak menyenangkan yaitu melaporkan saya atas tuduhan perbuatan tidak menyenangkan. Pokoknya saya nggak happy deh!

Ah, abang nggak ngerti!

Bekasi, 9 September 2017
Norman Adi Satria

Iklan

KARYA TERBARU

Masukkan alamat Emailmu.

Bergabunglah dengan 4.199 pengikut lainnya

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: