Normantis Update

Siapa Bapakku … Ha … Siapa? – Sujiwo Tejo

Karya: Sujiwo Tejo

SIAPA BAPAKKU … HA … SIAPA?
Karya: Sujiwo Tejo

Pengamen itu bernama Entah. Senengane lagu-lagu Ebiet G. Ade dan Franky Sahilatua. Kadang-kadang Entah membawakan juga nyanyian iwan Fals dan Sawung Jabo. Sesekali tembang-tembang lama Rhoma Irama di album-album awalnya, koyoto “Begadang” dan “Penasaran”.

Selulus SMP, anak tunggal di kota kecamatan itu sedianya akan melanjutkan ke SMA. Rencananya setamat SMA nanti pencinta bola ini akan melanjutkan kuliah di Unair atau Universitas Brawijaya. Atau perguruan tinggi mana punlah. Yang penting barz itu Entah bisa menjadi anggota DPR komisi sepak bola.

Tapi, rencana tinggal rencana. Sehari setelah pengumuman kelulusan SMP, Entah mendengar bapak-ibunya bertengkar. “Anakmu bukanlah anakmu,” teriak ibu Entah. Wah, Entah langsung menyangka bahwa bapak serumahnya selama ini bukanlah bapaknya yang sejati. Entah langsung minggat. Padahal, ibu Entah cuma mengutip syair terkenal Kahlil Gibran bahwa “Anakmu bukanlah anakmu …”.

Ketika ibunya akan menjelaskan bahwa “Anakmu bukanlah anakmu …” itu cuma kutipan dari sajak abadi

dunia, Entah sudah berada di kecamatan lain. Esoknya, dia sudah di kabupaten lain. Esok-esoknya lagi, Entah sudah menyanyikan “Perjalanan” milik Ebiet G. Ade di provinsi lain. Ibunya menyangka Entah tak pulang lantaran bermain bola tarcam, antarkecamatan. Padahal….

Padahal Entah berkelana. Duit bukanlah hal paling utama yang dicari Entah dalam episode minggatnya. Yang penting dari duit ngamen itu dia bisa membeli makanan. Soal angkutan antarkota Entah bisa nebeng truk.

“Kisahmu ini mirip Wisanggeni yang mencari-cari ayah kandungnya setelah dewasa,” kata Pak Petruk yang mengajak Entah masuk ruang tamunya. Pak Petruk suka lagu-lagu Franky Sahilatua. Lelaki jangkung ini kesengsem ketika Entah melantungkan “Lelaki dan Rembulan”. Saking kesengsemnya, Pak Petruk tak Cuma mengajak Entah masuk rumah. Dia bahkan meminta istrinya, Dewi Undanawati, menyiapkan makanan buat Entah.

Masukkan alamat Emailmu.

Join 3,725 other followers

%d bloggers like this: