Normantis Update

Prasmanan – Sujiwo Tejo

Karya: Sujiwo Tejo

PRASMANAN
Karya: Sujiwo Tejo

Believe it or not, di negeri #Jancukers nyaris tak pernah ada bentrok antarsuporter bola karena di stadion, sebelum berlangsungnya laga, puluhan ribu penonton bola sudah dihidangi prasmanan bermutu…

Usai pertandingan, lagi-lagi disediakan prasmanan, jaga-jaga kalau banyak penonton yang tidak ingin buru-buru pulang.

Maka, meja-meja sambung menyambung menjadi satu dan penuh makanan adalah pemandangan yang sangat lumrah di setiap putaran. Seluruh pinggiran rumput hijau adalah meja berhias nasi, lauk pauk, dan buah-buahan. Lihatlah dari tribun teratas, di nun di bawah sana tampak ayam taliwang, ayam betutu, dan beragam ingkung dari berbagai daerah.

Polisi tak perlu terlalu banyak dikerahkan untuk menjaga ketertiban prasmanan puluhan ribu manusia ini. Personel secukupnya saja. Sebagian besar polisi lainnya dibiarkan seperti biasa, yaitu menganggur di rumah sambil menemani anaknya masing-masing mengerjakan PR. Ini karena tingkat kriminalitas hampir nol di negeri #Jancukers.

Ah, sebetulnya prasmanan itu juga tidak perlu dijaga oleh polisi. Penonton tak akan sampai berebut makanan, apalagi sampai berkelahi. Mereka rata-rata datang ke stadion tanpa rasa lapar karena di negeri #Jancukers setiap orang yang bermasalah makannya ditanggung oleh masing-masing mertua.

Tapi kenapa tetap diperlukan polisi? Lho, ini cuma pemantas saja. Demi menjaga perasaan turis asing kalau mereka pas ikutan nonton bola. jangan sampai mereka merasa heran kok ada negara yang ribuan Warganya berkerumun makan, tetapi tanpa penjagaan atau “pagar” yang berarti.

Baiklah di negara-negara lain berlaku prinsip: pagar tak perlu mahal-mahal yang penting tidak doyan tanaman. Di negeri #Jancukers berlaku statuta bola: jumlah penjaga prasmanan suporter bola tak perlu banyak-banyak yang penting tak menimbulkan iri dunia. Irinya, kok bisa ya terdapat ribuan manusia di depan makanan tanpa negara mencium potensi konflik.

Masukkan alamat Emailmu.

Join 3,725 other followers

%d bloggers like this: