Normantis Update

Pabrik – Sujiwo Tejo

Karya: Sujiwo Tejo

Lihatlah di tempat-tempat wisata seperti Kuta, Senggigi, Tana Toraja, dan lain-lain. Begitu banyak bule yang berpasangan dengan orang Indonesia yang tampangnya, maaf, sudah tidak kita anggap. Pasti karena bule-bule itu sudah bosan dengan tipe hidung mancung dan kulit warna terang.

Waktu saya di Iran… itu di suatu festival film Asia-Pasifik, di tengah ras Aria yang hidungnya serba mancung dan mukanya lancip, saya agak heran. Ternyata bintang film yang dipuja-puja masyarakat Iran justru seorang perempuan berhidung kurang mancung dan berwajah agak bulat.

Maka, sesiapa kaum atas yang tak percaya bahwa kaum majikan bisa jadian dengan kaum buruh, pasti kekayaannya masih nanggung. Kekayaannya masih bertaraf kodok dalam tempurung.

Di lain pihak, mereka, kalangan yang kaya tapi nanggung itu, sudah pasti lupa bahwa cinta itu buta. Sudah pasti lupa bahwa negara di mana pun hanya sanggup memberantas buta huruf, tapi apa daya dalam pemberantasan buta cinta.
jadi, masih tak yakinkah bahwa buruh bisa pacaran dengan para pemilik dan pelaksana perusahaan?

Sedikit problem tentu terjadi. Jumlah kaum buruh jauh lebih banyak ketimbang jumlah komisaris dan direksi. Bagaimana setiap buruh bisa mendapatkan pasangan? Apalagi tak jarang seorang komisaris bisa mempunyai banyak perusahaan, sementara seorang buruh tak mungkin bekerja di banyak pabrik.

Ketimpangan jumlah ini memang problem. Tapi, ulangi, cuma sedikit problem. Kalangan atas jangan Ge Er bahwa kaum buruh pasti ingin berpacaran dengan kalangan mereka. Tidak selalu.

Banyak juga kaum buruh yang memilih berpacaran dengan primadona pengamen dangdut, dengan buruh tani, dengan perajut jaring nelayan dan sekelasnya.

Alasan mereka, bersanding dan berbincang-bincang dengan orang-orang yang senasib akan membuat hidup terasa lebih ringan.

Ada pertanyaan?

Heuheuheu….

Sujiwo Tejo
Buku: Republik Jancukers
Penerbit: Kompas

BERANI NONTON VIDEO NORMANTIS? KLIK AJA!

KARYA TERBARU

Masukkan alamat Emailmu.

Bergabunglah dengan 1.767 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: