Normantis Update

Umbrella Girl – Sujiwo Tejo

Karya: Sujiwo Tejo

Entah yang istimewa itu delmannya…Entah karena kita duduk di muka di samping pak kusir…Pokoknya harus istimewa. Jangan kita arungin hidup yang begitu-begitu saja.

Dan saya mengusulkan lagu rakyat Sunda “Bubuy Bulan” menjadi lagu pengiring setelah “Indonesia Raya”. Pilihan lagu harus ditetapkan secara tegas. Hitung-hitung untuk menghindari presiden yang sedang dilantik membuat lagu sendiri dan ingin diputar pada acara bergengsi itu.

Ah, ya. Bisa. Bisa saja presiden terlantik nggak punya bakat berlagu. Panitia aman.

Tapi siapa tahu ketua DPR/MPR-nya merasa bagus mengompos lagu lalu memaksa panitia memutarnya dalam acara, atau setidaknya menjadikan CD-nya sebagai suvenir.

Tak demikian dengan “Bubuy Bulan”. Lagu tanah Priangan ini sudah sangat meng-Indonesia. Sangat terkenal. Semua warga kenal, kecuali warga yang memang kurang kenalan. Penyelenggara pelantikan tak perlu repot-repot menjadikannya suvenir untuk didengar di rumah-rumah.

Jika impian tentang pelantikan presiden model begini tak kesampaian atau jika…Tapi sebaiknya kita selalu yakin bahwa penyegaran birokrasi harus bisa dimulai dari segarnya pelantikan presiden.

Sekarang seluruh kebosanan masyarakat sudah membentur batas maksimal, bosan pula mereka menyaksikan umbrella girl cuma ada di kancah balapan mobil.

Dan lihatlah betapa akan santainya upacara itu?

Santai-santai untuk menghindari persoalan tentu problem. Namanya istirahat untuk berkembang. Tapi santai-santai untuk kepentingan langkah maju?

Segala keseriusan kita sudah terkuras untuk seremonial pelantikan presiden. Herankah kit bila energi serius tersebut lantas telah habis sehingga gawean sehari-hari ketatanegaraan dikerjakan justru dengan guyon dan cengengesan?

Sujiwo Tejo
Buku: Republik #Jancukers
Penerbit: Kompas

BERANI NONTON VIDEO NORMANTIS? KLIK AJA!

KARYA TERBARU

Masukkan alamat Emailmu.

Bergabunglah dengan 1.763 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: