Normantis Update

Gigi – Sujiwo Tejo

Karya: Sujiwo Tejo

Dari ke luar masuk ruang dokter gigi, saya paling cuma sanggup menyimpulkan bahwa dokter gigi perempuan adalah penyaji terbaik pelajaran tentang pelangi, setelah Koes Plus dan Lex Trio juga menjelaskan tentang pelangi Via tembangnya. Bukan guru maupun dosen fisika apalagi kalau guru dan dosen itu laki-laki.

Di rebahnya kursi kedokteran gigi, ketika kita agak tengadah menghadap wajah dokter gigi perempuan dengan lampu sorot di belakangnya, tiba-tiba siluet helai-helai rambut dokter itu menyemburatkan warna-warni bagai pelangi. Indah sekali. Malah ada coklat-coklatnya sedikit.

Pada saat saya lihat pelangi dari helai-helai rambut bu dokter itu tiba-tiba saya merasa tak ada urusan lagi dengan segala teori tentang kehidupan, termasuk teori tentang cahaya.

Saya tak peduli apakah benar kata Sir Isaac Newton bahwa dari sumber cahaya dapat terlontar partikel-partikel sangat kecil dan ringan ke segala arah yang apabila terkena mata terkesan ada sumber cahaya.

Saya pun tak ambil pusing lagi apakah benar percobaan Young-Fresnell bahwa cahaya dapat dihamburkan dan berinterferensi sehingga bertentangan dengan teori emisi Newton tersebut.

Mungkin ketika manusia sedang kesengsem, segala teori maupun Wacana jadi tak ada. Termasuk teori maupun Wacana tentang ketakutan. Lenyap sudah rasa itu menjadi keberanian berunjuk-gigi di depan dokter gigi demi ingin menyaksikan pelangi dari rumbai dan helai-helai rambutnya. Cabut gigi tak lagi menjadi sesuatu yang mencekam sejak berangkat dari pagar rumah.

Sayangnya, ternyata, gigi dan bagiannya yang sudah dibius itu bukanlah satu-satunya milik saya. Selain gigi, saya juga punya kumis. Ketika gigi atas saya dicabut..thellll…saya teriak-teriak karena beberapa helai kumis yang terkait di penjepit gigi turut tercerabut dari akarnya…

Manunggallah sudah unjuk rasa saya ketika kumis tercerabut dengan keberanian saya berunjuk gigi.

Sujiwo Tejo
Buku: Republik #Jancukers
Penerbit: Kompas

BERANI NONTON VIDEO NORMANTIS? KLIK AJA!

KARYA TERBARU

Masukkan alamat Emailmu.

Bergabunglah dengan 1.733 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: