Iklan
Normantis Update

Nasihat Bunda Kepada Minke (Tentang Penyakit Eropa) – Pramoedya Ananta Toer

Karya: Pramoedya Ananta Toer

NASIHAT BUNDA KEPADA MINKE (TENTANG PENYAKIT EROPA)
Karya: Pramoedya Ananta Toer

Apakah kau kira aku tak mengenal anak-anakku? Aku kenal kau sejak dalam kandungan. Aku kenal suaramu sejak tangismu yang pertama. Tanpa menerima surat-suratmu, tanpa melihat wajahmu, dari tempat jauh, hati seorang ibu sudah dapat meraba, Nak. Betapa banyak yang telah kau deritakan untuk menjadi apa yang kau kehendaki sendiri. Bahkan membagi penderitaan pun pada Bundamu ini kau enggan. Orang Eropa memang mau pikul sendiri dirinya sendiri. Apa itu perlu, sedang kau masih mempunyai seorang Bunda?

Kau sudah diajari penyakit Eropa, Nak, penyakit untuk mendapatkan segala-galanya buat dirinya sendiri seperti ceritamu sendiri.

Itu penyakit Eropa. Kan lebih baik kau belajar mengingat orang lain juga? Kan sudah kukatakan, belajar bersyukur, berterimakasih? Jangan, jangan bicara dulu. Dulu kau sendiri pernah bercerita, buat orang Eropa, terimakasih adalah bunga bibir. Tak ada hati yang mengucapkan. Engkau telah jadi seperti itu, Nak. Aku takkan lupakan cerita-ceritamu itu. Yang pandai ingin lebih pandai yang kaya berusaha lebih kaya. Tak ada yang berterimakasih dalam hati. Hidup diburu-buru untuk menjadi yang lebih. Kan kau sendiri yang dulu bercerita pada Bunda? Mereka semua orang menderita: keinginan, cita-cita sendiri, jadi raksana rajadiraja. Masih ingat?

Apa guna ajaran Revolusi Prancis kemudian? Kau bilang untuk pembebasan manusia dari beban yang dibikin oleh manusia lainnya. Kan kau masih ingat, Nak? Itu bukan sekedar hanya menjalani. Perintah-perintah datang dari Tuhan, dari Dewa, dari Raja. Setelah menjalankan perintah orang merasa berbahagia menjadi dirinya sendiri sampai datang perintah lagi. Maka dia bersyukur, mengenal terimakasih. Dia tidak diburu-buru raksana dalam dirinya sendiri.

Pramoedya Ananta Toer

Buku: Jejak Langkah (Buku Ketiga dalam “Tetralogi Buru” – Pramoedya Ananta Toer)
Penerbit: Lentera Dipantara

Iklan

BERANI NONTON VIDEO NORMANTIS? KLIK AJA!

KARYA TERBARU

Masukkan alamat Emailmu.

Bergabunglah dengan 4.839 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: