Normantis Update

Bedah Puisi Norman Adi Satria yang Paling Banyak Dibajak Orang: Puisi Doa Seorang Jomblo (Episode 2 Part 1)

Oleh: Patricia Cinta

Nah, keheranan semacam itu mungkin juga terjadi pada ribuan atau jutaan orang yang sudah membacanya. Sayangnya, keheranan yang berujung pada kekaguman tersebut menggiring beberapa dari mereka untuk “mengklaim” bahwa Puisi Doa Seorang Jomblo sebagai bikinan mereka. Modusnya cukup beragam. Ada yang mengunggahnya di berbagai akun jejaring sosial media, baik Facebook, Twitter, Instagram, dll. Ada pula yang tanpa malu menggunggahnya dalam Website/ Blog yang beberapa di antaranya adalah Website berlabel Sastra atau Kumpulan Puisi.

Emm… Jangan kira aku lagi bokis alias asal ngomong tanpa bukti loh.. Ada buktinya, tenang aja. Nah, ini beberapa Screen Capture akun jejaring sosial media dan website/ blog yang menggunggah (Copy Paste alias Copas) Puisi Doa Seorang Jomblo karya Norman Adi Satria. Beberapa di antaranya tidak menyertakan nama Norman Adi Satria sehingga mengesankan Puisi Doa Seorang Jomblo itu sebagai gubahan mereka, ada pula yang secara terang-terangan mengganti judul puisi dan menyertakan nama mereka sebagai penulis Puisi Doa Seorang Jomblo tersebut. Mari kita simak:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Itu hanyalah sebagian dari sekian banyak akun jejaring sosial media atau website yang hingga kini masih “kepedean” mengklaim Puisi Doa Seorang Jomblo karya Norman Adi Satria sebagai karya mereka. Dari hasil pengamatan selama beberapa tahun belakangan, nyaris setengahnya sudah menghapus Puisi Doa Seorang Jomblo itu dari postingan jejaring sosial media atau website mereka setelah ditegur langsung oleh Norman Adi Satria. Hehehe… Aku berasa lagi jadi detektif ya.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa ya Norman Adi Satria merasa perlu untuk menegur langsung? Apakah dia se-protected itu kepada Puisi Doa Seorang Jomblo yang ditulisnya pada 30 Januari 2013? Kita simak hasil wawancaraku dengan Penyair Nyeleneh – Norman Adi Satria di part selanjutnya ya. Hehehe.. Sebenarnya sih belum diwawancara, soalnya doi belakangan ini lagi sibuk banget katanya. Nggak tau deh sibuk apaan.

Jadi, Rubrik Spesial “Kisah di Balik Karya” episode 2 – Membedah Puisi Norman Adi Satria yang Paling Banyak Dibajak Orang: Puisi Doa Seorang Jomblo, aku nyatakan: 

BERSAMBUNG! Tok..tok..tok..! (Ketuk handphone, karena palu udah terlalu mainstream.. Hehehe..)

Salam cinta,
Patricia Cinta
Penulis Rubrik Spesial: Kisah di Balik Karya
normantis.com

BERANI NONTON VIDEO NORMANTIS? KLIK AJA!

KARYA TERBARU

Masukkan alamat Emailmu.

Bergabunglah dengan 1.772 pengikut lainnya

6 Comments on Bedah Puisi Norman Adi Satria yang Paling Banyak Dibajak Orang: Puisi Doa Seorang Jomblo (Episode 2 Part 1)

  1. Reblogged this on Puisi Asmara Cinta and commented:

    Dari 600-an judul puisi yang pernah diunggah Norman Adi Satria di normantis.com, ada satu yang nampaknya paling kontroversial yaitu: Puisi Doa Seorang Jomblo. Bukan karena isinya yang menimbulkan perdebatan sengit, namun justru karena begitu banyaknya orang yang “mengklaim” puisi itu sebagai karangan mereka.

    Suka

  2. Reblogged this on Best Romantic Poetry and commented:

    Tercengang baca ini

    Suka

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: